QURBAN AL-HAYAH PEDULI


Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wahai para muhsinin yang dirahmati Allah,

         Segala puji hanya untuk Allah Robbul'alamin yang selalu memberikan karunia-Nya kepada kita. Semoga shalawat dan salam Allah limbahkan kepada Baginda Rasulullah SAW, keluarga beliau, para sahabatnya, dan semoga kita termasuk para pengikutnya yang setia hingga akhir hayat.

         Ibadah qurban adalah tanda cinta seorang hamba kepada Allah, sang pencipta kehidupan ini. Begitulah cinta seorang hamba, Nabi Ibrahim kepada Robbul Izzati. Ketika cintanya kepada anak terkasih Ismail begitu dalam, maka Allah ar-Rahman mengujinya dengan cara beliau harus mengorbankan anaknya untuk disembelih. Ibrahim tersadar bahwa Allah sajalah pencipta dan pemilik cinta sejati itu, maka ia persembahkan cinta suci itu kepada Allah, Rabb yang telah menciptakan diri dan anak yang dikasihinya.
         Maka Allah abadikan peristiwa yang mengharu biru itu sebagai ibadah nahar bagi kita, ummat Rasulullah SAW. Ibadah menyembelih hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha dan hari-hari tasyrik saat pada hari itu dianjurkan bagi setiap hamba-Nya yang mampu untuk melaksanakannya guna berbagi dengan sesama, terutama kepada saudara-saudara yang kurang mampu.

         Pengorbanan dan cinta Nabi Ibrahim kepada Allah adalah bukti ketaatan beliau dalam menjalankan perintah-Nya. Nilai-nilai inilah yang harus kita pelajari dan kita budayakan sehari-hari dalam persaudaraan kita sesam muslim.

Bagi para muhsinin yang ikut berpartisipasi bisa cek proposal kami di sini