MASALAH DATANG BERKAH BERTAMBAH

Hidup adalah rangkaian dari permasalahan. Siapapun tidak akan pernah terlepas dari kehadirannya. Selesai satu masalah bersambung dengan permasalahan yang lain. Bahkan terkadang belum selesai dari sebuah masalah telah timbul permasalahan yang lain. 

Permasalahan adalah sesuatu hal yang harus dihadapi, percuma saja lari darinya,  karena sebenarnya menghindarinya berarti menciptakan permasalahan baru.  Berat atau ringan nya sebuah permasalahan tergantung bagaimana menyikapinya dan siapa yang menjalaninya. Setiap orang memiliki permasalahannya sendiri. Terkadang sebuah permasalahan terasa begitu berat bagi kita, tapi tidak dengan orang lain.  Hidup ini "Wang sinawang" tidak ada yang lebih berat atau yang terasa begitu ringan. Seseorang mampu mengatasi permasalahan nya tapi belum tentu dia mampu mengatasi permasalahan orang lain, bahkan yang lebih menarik seseorang bisa mengatasi permasalahan orang lain tapi dia sendiri tidak mampu mengatasi permasalahan dirinya sendiri, seperti contoh seorang dokter yang tidak mampu mengobati dirinya sendiri. 

Seberat apapun permasalahan, ketika tidak dipandang sebagai sebuah masalah yang berat, maka akan menjadi sebuah sesuatu yang ringan dan mudah untuk dijalani.  Sebaliknya seringan apapun sebuah permasalahan, ketika dipandang sebagai sesuatu yang berat, maka akan mendatangkan kesulitan dan kesusahan yang teramat sulit untuk diselesaikan. Inilah realitas kehidupan manusia. Setiap orang diberikan waktu yang sama, tinggal di bawah matahari yang sama, hidup diatas bumi yang sama. Namun mengapa berbeda beda permasalahannya. 

Pada awalnya manusia yang baru dilahirkan tidak banyak memiliki masalah, namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan dan kemauan seseorang permasalahan akan berkembang semakin banyak. Hal ini adalah lumrah karena manusia adalah makhluk yang dibekali nafsu, berbeda dengan malaikat, sehingga ada peluang untuk berbuat khilaf dan kesalahan yang bisa menimbulkan permasalahan bagi dirinya dan orang lain yang berinteraksi dengannya. 

Inilah indahnya kehidupan. Ada permasalahan berarti ada seni kehidupan. Ada permasalahan berarti meningkat kualitas kehidupan. Ada permasalahan berarti bertambah ilmu dan wawasan. Maka berbahagialah jika masalah itu datang, meski juga kita tidak boleh mencari cari permasalahan. Tetaplah tersenyum ketika masalah itu datang, sebab meski kita menangis tersedu sedan juga tidak akan dapat menyelesaikan. 

Bergerak dan diamnya diri kita selalu ada masalah yang menyertainya.  Maka, untuk apa kita merasa diri paling bermasalah. Diatas masalah selalu ada masalah. Selalu ada hikmah dibalik setiap masalah. Yang terpenting selalu berbaik sangka dan berlapang dada. Karena bumbu kehidupan ini adalah masalah, tanpanya hidup ini tidak bisa dikatakan indah. Apalagi, setiap kali dia datang menghampiri, kita selalu dapat menyelesaikannya. Inilah yang dikatakan hidup penuh berkah. Yang akan mampu memberikan inspirasi kepada orang lain. Inilah yang disebut dengan kesuksesan. Wallahu a'lam. 

Kampung al-Quran, 23/01 /2017 
Alfakir billah