⁠⁠⁠YANG LALU BIARLAH BERLALU

Tags

Masa lalu adalah masa yang telah berlalu. Suatu masa dimana terjadi suatu peristiwa yang begitu indah berkesan sehingga selalu terkenang dan sulit untuk terlupakan. Akan tetapi kadang masa lalu itu begitu getir dan menyedihkan sehingga ingin rasanya segera melupakan dan membuang nya jauh dari angan sehingga tidak terulang lagi di masa yang akan datang.
Setiap kita tidak pernah bisa lepas dari masa lalu. Karena saat ini, kita hadir diatas muka bumi karena adanya masa lalu. Apapun yang kita nikmati hari ini adalah hasil jerih payah orang orang terdahulu ataupun yang kita tanam di masa lalu. Apabila keburukan yang kita tanam, maka keburukan pulalah yang akan kita petik, sebaliknya jika kebaikan yang kita tanam, maka kebaikan lah yang akan kita ketam.
Kehidupan kita hari ini adalah hasil dari rangkaian kehidupan yang telah kita jalani di masa lalu. Bila hari ini kita sukses itu karena kerja keras kita atau hasil keringat orang tua kita di masa lalu. Sebaliknya jika hari ini kehidupan kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan mungkin ada suatu kesalahan kita di masa lalu yang harus kita perbaiki hari ini.
Setiap kita tidak bisa lepas dari kesalahan yang telah kita lakukan di masa lalu. Sekecil apapun kesalahan tersebut, sebagai makhluk sudah sepantasnya untuk menjadikannya sebuah pelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang datang.
Kehidupan ini begitu unik. Berputar seperti perputaran roda. Permasalahan kehidupan ini datang silih berganti seperti bergantinya siang dan malam. Sehingga tidak ada seorang pun yang terlepas dari berbuat kesalahan. Karena keimanan kita yang bertambah dan berkurang di setiap saat dan setiap waktu. Kadang kita berbuat baik seperti malaikat yang selalu taat, tetapi kadang juga kita melakukan keburukan seperti syetan yang selalu berbuat maksiat.
Seindah dan seburuk apapun masa lalu kita, tidak akan pernah kita ulang kembali hari ini atau di masa yang akan datang. Tidak usah kita terlalu bangga bila ada kebaikan di dalamnya.  Cukuplah minimal kita pertahankan atau bahkan tingkatkan dihari ini sebagai modal kebaikan di masa yang akan datang. Dan apabila ada keburukan didalam, tidak perlu kita merasa orang yang paling bersalah.  Sebesar apapun ataupun sekecil apapun kesalahan di masa lalu, bila hari ini kita berani untuk mengakui dan berusaha memperbaiki nya, maka akan menjadi sarana kebaikan yang sangat luar biasa di masa yang akan datang.
Tiada guna kita terus larut dalam duka masa lalu. Biarkan masa lalu berlalu bersama waktu. Cukuplah masa lalu menjadi sebuah kenangan. Cukuplah masa lalu menjadi sebuah pelajaran. Maka tersenyumlah karena hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kebaikan yang telah kita lakukan di masa lalu.
Wallahu a'lam
Alfakir Billah, 10/02/2017